30.11.10

Bonus akhir tahun

Isu paling santer+panas di pabrik yang kini bergulir seperti kelapa jatuh adalah mengenai bonus akhir tahun. Perundingan alot antara serikat pekerja dan manajemen kian panas saja. Kalo serikat pengen A, pihak pabrik pengen B. Yah, gitu lah. Kumaha ngkè... (moga moga gak pait)

Bagi mayoritas karyawan yang ngaku bujangan, bonus amat dinanti nanti melebihi THR pas lebaran. Disamping nilai rupiahnya yang lumayan, terus bisa buat modal kawin... kawin...

Maka surat undangan pernikahan pun membludak di kantong, saya siap siap manasin motor dan perut menuju kondangan. Kadang kalo lagi males atau kejauhan lokasinya tinggal salam tempel ajah di tempat gawe, "sori, sob. Gak bisa dateng kemaren (sambil nyisipin amplop ke kantongnya), gimana MP-nya mantep kagak? he,he".

Emang modal merit itu ajegile mahalnya, mas. Padahal yang ngemahalin tuh resepsi dan barang barang bawaannya. Minimal lah 15 juta maksain. Padahal duit segitu tuh mending dipake beli alat2 rumah tangga ajah nanti kalo udah nikah. Soal resepsi, menurut sayah makin sederhana makin sakral.

Tapi yah, namanya sudah tradisi. Untuk kalangan karyawan yg dari sononya orang gak mampu, terpaksa kudu nunggu akhir taon, nunggu atm-nya penuh dulu ditambah ngutang sana sini. Baru deh dengan pede menghadap mertua "nih, pak. saya punya segini. Lumayan lah buat nambah-nambah. Btw, si Nengnya mana, pak?"

Tapi, mudah-mudahan deh tidak ada lagi birokrasi ribet menuju ibadah agung bernama pernikahan. Kasian temen temen yang pengen merit tapi duitnya cekak.

Kasian delu...

0 komentar:

Posting Komentar